Friday, September 30, 2011

Trend Situs Belanja Indonesia

Kue pasar belanja online di Indonesia yang semakin hari semakin besar menjadi sebuah peluang yang menarik bagi dunia kreatif Indonesia. Setelah Forum Jual Beli Kaskus, plasa.com, dan TokoBagus 'merajalela', sekarang tren baru dimulai oleh DealKeren, DisDus, BliBli, dan terakhir LocalBrand.

Beda dua 'trend' jualan di atas adalah pada bagaimana cara mengorganisir lapak jualan. Kalau FJB Kaskus dan TokoBagus, kedua situs tersebut hanya menyediakan 'tempat' untuk jualan. Jadi, siapa pun yang sudah mendaftar bisa menciptakan lapak pribadi dan mulai berjualan sendiri. Promosi, konten, distribusi, sampai transaksi adalah tanggung jawab si penjual.

'Experience' itu Penting

Mungkin 'pengalaman merasakan' atau 'experience' adalah salah satu faktor terpenting yang bisa menentukan keputusan pembelian dari konsumen untuk produk-produk semisal TV, Audio, Home-Theatre, dan sejenisnya. Kemarin di Pongs Home Center, saya melihat bagaimana produk head unit audio mobil bermerk Sony dikerubungi calon konsumen yang antusias mencoba sensasi 'touch screen'-nya, kualitas suaranya, maupun kualitas gambar dari layar monitor head unit tersebut.

Memang, pengalaman untuk merasakannya langsung begitu efektif untuk menjaring konsumen. 




ASAL MULA NAMA IPSOS

Ipsos (Ypsos) adalah suatu tempat pertama di pulau Corfu di Yunani yang berkembang menjadi sebuah resort atau tempat liburan di tahun 1970-an. Disepanjang jalan daerah ini terbentang pantai sepanjang ± 1 mil yang membentuk kurva melingkar. Daerah ini bernuansa dramatis dengan adanya perbukitan Timur Utara Corfu di sisi kirinya dan disisi kanannya bersebrangan dengan laut menuju kota Corfu. Tempat ini dianugerahi Blue Flag karena kebersihannya.
Ipsos Beach

MILKUAT Plus : Mencermati Cara Sebuah Brand Membentuk Persepsi Konsumen

 :
BARU! Milkuat PLUS dengan new packaging, "PLUS" zat besi dan zink!
Bringing health through food to as many people as possible,” demikian misi dari PT. Danone. Misi PT. Danone ini salah satunya terlihat dari inovasi susu Milkuat Baru! Inovasi yang dilakukan oleh Danone terhadap brand Milkuat ini antara lain dari sisi packaging dan nutrisi produk. Perpaduan inovasi kemasan yang unik dengan kepala Tiger (maskot Milkuat) dengan label “PLUS” Zat besi dan Zink membuat produk ini memiliki potensi untuk menarik perhatian konsumen melakukan trial.

0$ Marketing

Click here for more of PC Mag's iPhone 5 coverage.

Taxis Should Have GPS ya?

I have been taking Blue Bird taxis going to and from ARCS House Menteng 2 to the Field Force Office in Wahid Hasyim since I officially started on Monday, 9/26. So, as of this morning, that's 9 times. Except, Angga had to give me a ride last night because the taxi refused to take me home--I do not know the exact reason--so total of 8 times. All those times, none of the taxi drivers know exactly where to go, even if I already show them the map to my temporary house. Ayy adu! (?). So much time and money wasted ya! I'm glad I'm moving to Taman Rasuna this weekend. The Filipino mafia will be of great help to me. :-)

Ipsos in Thailand is Expecting To Be Leader in The Country

IPSOS aims for Bt570 m revenue
By Watchiranont Thongthep
THE NATION, September 30, 2011

Ipsos (Thailand), the local branch of a global survey-based market-research company, is expecting to be a leader in the country, generating more than Bt570 million revenue next year after fully merging with Synovate in July.

Benefits would come from global negotiations with suppliers, pooling of production centres and insourcing, consolidation of online panels, communication, information technology and other organisational and operational efficiencies achievable over a larger revenue base.

In Thailand, the merger will take effect next month.

Poor Packaging Design May Lead to Dissatisfaction

Reference: The Packaging Matrix: Linking Package Design Criteria to the Marketing Mix By Laura Bix, Nora Rifon, Hugh Lockhart, Javier de la Fuente

"Packaging is ubiquitous but invisible; consumers do not tend to put conscious thought into packaging until they are dissatisfied by its performance. They may not even realize that their dissatisfaction is the result of poor package design; as may be the case with foods with off-flavors or drugs that lack efficacy by the time they reach the consumer. Regardless of whether or not consumers realize that poor package design is the problem, once they are dissatisfied, it is not likely that they will purchase and negative word-of-mouth advertising may result."

A good packaging should protect the product, improve product utility, and communicate the message well.

Thursday, September 29, 2011

Mom and Me: New Pregnancy Milk from Nestle

Latest innovation di pasar susu ibu hamil yang sudah lama hanya menjadi perseteruan Prenagen dan Lactamil.

Kehadirannya memberikan pilihan baru untuk konsumen yang pastinya akan membuat persaingan dalam segment ini lebih bergairah.

Manakah pilihan Anda?

(HS)
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Sunday, September 25, 2011

Transformasi Kemasan Gudeg

Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas masing-masing yang menjadi identitas, dan sering kali dapat menjadi oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung, ataupun pengobat rasa rindu bagi warganya yang sedang merantau. Namun, permasalahan pada kemudahan/kepraktisan ataupun daya tahan yang terbatas sebelum basi, menjadi pertimbangan tersendiri bagi konsumen sebelum membeli produk makanan tersebut. Celah ini berhasil dimanfaatkan oleh para produsen Gudeg dari Yogyakarta. Jika dulu Anda membeli Gudeg dengan cara dibungkus daun, kotak, ataupun kendil, sekarang muncul kemasan kaleng.

Kemasan kaleng Gudeg sudah muncul untuk beberapa merek. Dan kini produsen sudah dapat memenuhi permintaan Gudeg dari seluruh penjuru dunia, dan tidak perlu lagi khawatir makanan akan basi selama proses pengiriman, karena sanggup bertahan selama setahun. Untuk penyajiannya pun gampang, kita hanya perlu menghangatkannya sebelum mengkonsumsinya.

Dengan demikian, inovasi produk ini berhasil memenuhi tuntutan pasar. Sudahkah Anda mencobanya?

(AP)


World's top cuisine is Indonesian

Rendang and Nasi goreng ranked 1 and 2 respectively in CNN poll.

In Food We Trust!

http://www.cnngo.com/explorations/eat/readers-choice-worlds-50-most-delicious-foods-012321
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

LG dan Attack promosi bersama


 
Foto diambil hari Minggu siang tanggal 25 September 2011 di Central Park.

Friday, September 23, 2011

AHA Soulnation 2011

Esia di JavaSoulnation 2011

Perusahaan Bakrie Telecom, Esia, ikut berpartisipasi dalam event JavaSoulnation 2011. Porsi besar diberikan kepada produk AHA, layanan data internet 3G. Hal ini masuk di akal, pengamatan sekilas, para pengunjung adalah muda-mudi yang gaul dan melek teknologi.

Eksekusi Marketing

Untuk menarik perhatian pengunjung, tidak main-main usaha yang dikeluarkan oleh Esia. Berikut beberapa bentuk marketing action yang dilakukan.


  • AHA STAGE, dilengkapi dengan 2 banner disisi kanan dan kiri

  • AHA Lounge, terdapat TV LCD untuk streaming YouTube, foto spot berbentuk frame AHA pad

  • AHA Booth, di dekat Soulnation Stage

  • 1 halaman di JavaSoulnation booklet, tepat dibelakang cover depan

  • AHA Free Wifi di beberapa spot di lokasi

  • AHA Photo Spot, lokasi foto di dekat AHA Stage

Foto - Foto Di Lokasi Acara, 23 September 2011

Denah

Monday, September 19, 2011

Activation Morinaga Platinum at MKG (18 Sep 2011)

John Wanamaker once said half of my advertising spend is wasted but I don't know which one.

Which one is this?

(HS)
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Sunday, September 18, 2011

Jumpa Pers Grup Kino Soal Merek Cap Kaki Tiga

Iklan Seremonia di Kompas, Minggu, 18 September 2011.

Rumah Cantik Citra baru

Hadir di Jl. Soepomo No. 36
Tebet
Jakarta
Telpon: 021 8303 101

Wall's-Buavita "Baru"

Wall's dan Buavita mengabarkan varian produk baru mereka melalui brosur yang "terselip" di pengiriman koran Kompas edisi Minggu, 18 September. Pesan "baru" juga tersampaikan melalui cara yang unik. Perhatikan bahwa hanya ada gambar produk, merek, dan tulisan Baru. Tak ada embel-embel pesan lain.

Sangat jauh lebih baik dan elegan dibandingkan kasus pengiriman peti mati untuk menyampaikan pesan "kematian" periklanan, beberapa waktu lalu, bukan?

Update: promo lebih lengkap terdapat di halaman 7.

Kreativitas Pemasaran Baterai

Rak Konvensional (Foto Diambil di Giant Semanggi, Sept 11, 2011)
Booth Non Konvensional (Foto Diambil di Giant Semanggi, Sept 11, 2011)

Pemasaran selalu ada jalan, tidak terkecuali untuk pemasaran barang yang "membosankan" semacam baterai. Terlebih jika penguasaan teknologi baterai kurang lebih sama antar perusahaan baterai. Memasarkan produk yang memiliki features dan benefits yang sama antar merek diperlukan kreatifitas. Jika pemasar tidak kreatif persaingan antar merek baterai bisa terperangkap dalam persaingan harga semata.

Pengamatan di Giant, Plaza Semanggi di bulan September menunjukkan kreativitas para pemasar baterai ABC Alkaline dan Energizer. Selain rak konvesional, yang biasanya diletakkan di dekat kasir untuk "mengingatkan" konsumen akan kebutuhan baterai, terdapat beberapa booth istimewa di lokasi spesial.
  • Energizer Test Area dan ABC Alkaline "Battman" terletak di lokasi mainan anak.
  • Energizer Phone Charge terletak di kantin di lokasi penjualan daging-sayuran-buah.

Simas Palmia kemasan baru

Challenger yang mulai aktif dengan positioning multipurpose.

Foto diambil 12 September 2011 di Carrefour MOI.

(HS)
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

New SGM Soya di Carrefour MOI

Meramaikan segment susu specialities. HS
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Sunsilk Hair Studio di Grand Indonesia

Sebuah brand activation yang mahal dari Sunsilk. Apakah ada pengukuran dampak dari kegiatan ini untuk mendongkrak image Sunsilk? Foto diambil Sabtu siang tanggal 17 September 2011.

Saturday, September 17, 2011

Brand activation Nutrilon Royal di Central Park

Apakah ada pengukuran dampak dari kegiatan ini ke brand equity Nutrilon Royal? Atau kegiatan hanyalah sekadar cara untuk mendongkrak penjualan?

Foto diambil Sabtu sore tanggal 17 September 2011.

Moto Bose

"In order to be better, you must be different."

Suasana bazar gadget XL di Grand Indonesia

Promosi BlackBerry Bold 9900 oleh XL di Grand Indonesia. Foto diambil Sabtu siang tanggal 17 September 2011.

Healthy Foods for Kids—What Do Parents Want?

By Lauren Demar
Global CEO
Ipsos Marketing, Consumer Goods & Shopper


New York, NY – The top benefits parents want their children to receive from eating healthy foods relate to heart health, reduced risk of disease, brain development and immunity. This is the latest finding from a global study conducted by Ipsos Marketing, Consumer Goods.
Parents from around the world were given a list of benefits their children may receive from eating healthy foods and asked to rank which benefits were most important. On a global basis, healthy heart was ranked highest in importance, followed closely by reduced risk of disease later in life, better brain development and better immunity.

Wednesday, September 14, 2011

Sunday, September 11, 2011

Copycat Marketing?






Olay Men
[Sumber: Foto Banner di Guardian Mal Taman Anggrek, 3 September 2011 - Dok. Pribadi]



Sunday, September 4, 2011